Monday, October 26, 2015

Memaksimalkan Setting Karbu Dari Jarum Skep

Memaksimalkan Setting Karbu Dari Jarum Skep


Assalamualaikum,,
Biasanya biker awam macam ane cuma mudeng memilih kombinasi pilot jet dan main jet saat setting karbu. Padahal itu belum cukup. Soalnya kedua spuyer itu cuma konsen di putaran rendah dan tinggi. Lha trus priben dengan putaran tengahnya? Kalau dicuekin jadi memble dong! Sewaktu ngibrit memakai putaran tengah njuk di gas tiba-tiba motor malah ngooooookkk macam setingan terlalu kering, kehausan alias  kurang bensin….lemotttt…
Putaran menengah kira-kira terjadi pada seperempat sampai tiga per empat pelintiran grip gas. Tentu saja bukan urusan main jet, apalagi pilot jet, tapi tugas jarum skep.
skep RX King
piston dan jarum skep karburator RX-King
Nah mari kita merenung sejenak, pahami dulu mekanisme kerja jarum skep.  Tinggal bongkar karburator motor sampeyan, lalu pelototin jarum yang cemanthel di skep. Skep itu bentuknya mirip piston, dan bergerak nak turun seiring putaran handel gas.
Saat hendel gas ente bethot, skep dan jarumnya langsung terangkat. Ini membuka kesempatan bensin menyerbu liang venturi dari celah antara badan jarum dengan dinding lubang.
Kucuran bensin kemudian menyatu dengan udara lalu mengabut. Makin mudah, sebab serbuan bensin dipacah dulu ujung tajam jarum. Makin dalam putaran gas, makin lebar pula celahnya. Otomatis, semprotan bensin tambah deras.
Nah…kalau posisi gas antara seperempat sampai tiga perempat putaran, begitu juga dengan ketingian jarumnya. Makanya bentuk jarum langsung mempengaruhi putaran menengah.
Makin gendut badan jarum, makin sempit celah antara jarum dengan diameter dinding lubang. Akibatnya bensin yang masuk sedikit atau kurang. Sebaliknya, jarum kurus macam saya maka bensin yang masuk tambah banyak.
Lha itu kan baru teorinya…bagaimana dengan praktek dan hasil nyatanya?
Saya sendiri sudah mencoba pada  F1Z kesayangan. Memakai karburator RX King memaksa melengserkan box filter udara. Awal-awalnya memang susah nyeting itu karbu. Apalagi karbu RX King yang saya pakai adalah imitasi seharga Rp. 80.000. Pelan tapi pasti ahirnya dapat juga setingan yang lumayan enak. Tapi masalahnya putaran tengahnya loyo. Kalau hendel gas F1Z kesayangan dipanteng pada putaran tengah terus gas di betot tiba-tiba yang terjadi malah ngoookkk, setingan serasa kurang bensin alias terlalu kering. Akselerasi serasa tertahan. Bola-bali-bola gonta ganti ukuran spuyer tetep saja ndak ada perubahan.  Main jet digedein tengahnya jadi ngisi tapi atasnya mbrebet. Kalau pilot jet digedein tengahnya lumayan ngisi tapi bawahnya yang  mbrebet..susah diajak jalan pelan, ndut-ndutan, busi juga basahhhhh.
Badan jarum skep saya amplas mulai dari ujungnya sampai badan bagian tengah. Pada ujungnya saya bikin lancip. dan pada bagian tengah yang gendut ku kecilin. Tapi karena ngamplasnya pakai jurus kira-kira tanpa ukuran jelas (maklum urung due sigmat) dan terlalu napsu jadi over deh ngecilinnya..
Bandingkan antara jarum skep  RX King standar sama jarum skep yang sudah di kurusin
jarum skep RX King
yang kuning sudah dikurusin, yang silver masih standar
Secara kasat mata terlihat jelas perbedaannya kan?. Dan ternyata …..waktu dicoba jalan malah mbrebet bawahnya.. meski sudah nyeting angin ngasi mblenger ya tetep mbrebet. Pusing.
Ya tentu mbrebet.. kan semakin kurus jarum skep maka semakin banyak bensin yang ngocor lewat lubangnya.. solusinya ya kudu ngecilin spuyer. Karena saya tidak mempunyai stok spuyer ukuran kecil terpaksa pakai akal-akalan. Lubang pilot jet dan main jet disisipi /dimasukin serabut kabel listrik. Mula-mula cukup dua serabut yang digulung jadi satu saya masukin ke lubang pilot jet. Setelah diseting  njuk dipakai jalan masih mbreret. Kemudian ditambah lagi sampai empat serabut. Empat serabut itu benar-benar menutup lubang pilot jet dan sudah pasti bahan bakar tidak bisa melewati lubang pilot jet tersebut. Dengan kata lain pilot jet  hampir sama sekali tidak berfungsi. Jangan lupa biar tidak lepas, serabut kabel listrik di lem ke dinding karbu dengan lem besi.
Tapi anehnya, kok malah jadi enak bawahnya. Mungkin karena ujung jarum skep terlalu kurus jadi pilot jet minta dimatiin fungsinya.
Spuyer karbu RX King
tanda panah nunjukin serabut kabel listrik yang dimasukin ke lubang spuyer
Cara nyeting setelan anginnya, putar searah jarum jam baut setelan angin sampai mentok ke kanan, nyalain motor dan tahan putaran mesin pada rpm menengah (tapi jangan terlalu tinggi yang penting  mesin jangan sampai mati), terus baut setelan angin diputar  ke kiri (berlawanan arah jarum jam) secara perlahan sampai didapat putaran mesin tertinggi. Ingat, kudu pakai feeling.
Efek sungguh terasa. Putaran tengah lebih ngisi. Saya jadi nggak ragu dan nggak isin-isin manteng gas pada putaran tengah. Memang kalau gas dipanteng pada putaran tengah agak mbrebet..tapi begitu handel gas dicolek dikit F1Z langsung berakselerasi.
Pernah pas lagi di jalan, lagi asyik lari 70Km gigi tiga, trus ada motor 4 tak dibelakang pake knalpot blombongan mbleyer-mbleyer petenthengan mau nyalip. Aku biarin sampai tuh motor sejajar sama si trimo. Ealah jebul si FU. Pantesan suara knalpotnya menggelegar mantep banget. Pas FU sejajar aku tarik hendel gas si trimo. Akselerasi galak khas 2 tak langsung  unjuk gigi dan begitu shift gigi ke empat udah ngasepin FU. Lihat spion lumayan jauh juga ngasepinnya. Sadar kalau F1Z  jelas kalah  top speed mending kendurin gas,  jalan pelan-pelan saja dan membiarkan si FU gantian ngasepin saya.
Kalau ingin mencoba lebih baik beli repait kitnya. jadi jarum skep bawaan karbu bisa disimpan.
Menguruskan jarum skep ini baru saya coba pada motor 2 tak khususnya karbu RX King yang dipasang pada Yamaha F1Z.
Warning, efek perubahan pada gemuk kurusnya  jarum skep yang DSH lakukan mungkin akan berbeda jika dilakukan pada motor lain. Karena tiap motor pasti mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.
Wassalamualaikum.

1 comment: